Siapa yang ingin mengetahui kedudukannya di sisi Allah hendaklah dia mengamati bagaimana kedudukan Allah dalam dirinya. Sesungguhnya Allah menempatkan hambaNya dalam kedudukan sebagaimana dia menempatkan kedudukan Allah pada dirinya. (HR. Al Hakim)

Diiiiirrrtt, diiiiirt, diiiiiiiiirt… ( Nada getar di HP Zakaria tanda ada panggilan masuk).

”Assalamu’alaykum...”
”Wa’alaykumsalam Warahmatullah Wabarakatuh...”
”Afwan akhi ana ganggu pagi-pagi begini...” kata Ukhti Lia.
”To the point aja ukhti,.. sebenarnya ada apa?”
“Ya ana cuma pengen tanya sekarang tuch udah jam berapa ya akh?”
”What... kamu bercanda ya...?? Klo gak penting ana tutup neh telponnya.”
”Iya... iya.. sabar akhi, ana cuma bercanda. Jangan ngambek gitu dong.” sahut Ukhti lia mendinginkan suasana.
”Lain kali jangan kamu ulangi lagi ya...” balas Zakaria.
”OK mas akhi... ana janji deh swearrr. Hmm.. Sebenernya ana cuma pengen minta maaf atas kejadian yang kemaren lusa itu akh... bener ana gak bermaksud apa-apa koq akh. Tapi ana paham klo ana waktu itu memang salah, pokoknya ana deh yang salah akhi... please maafkan ana ya..”
”Ana sebenernya tanpa ukhti minta maaf begini pun, pasti udah ana maafin kok... yang penting ukhti udah sadar tuch, ana dah seneng banget loch. Jadi kita sebagai seorang muslim harus benar-benar menjaga pergaulan... apalagi kita juga jadi teladan bagi temen-temen kita di kampus.”
”Iya akhi... syukran katsiir atas nasehatnya.”

Tapi di dalam benak Zakaria masih bertanya-tanya, rasanya dia benar-benar tidak percaya klo ukhti Lia bakal minta maaf sama dia. Seperti mimpi saja...

”Aduh... aduh.. ukhti jangan pencet hidungku dong, ana gak bisa bernafas neh....”
”Akhi bicara apa seh... ana disini gak lagi ngapa-ngapain. Ana bener-bener gak ngerti maksud akhi.”
”Ukh.. please ukh..!! lepasin tangannya dari hidungku... kayaknya nyawaku udah gak lama lagi neh...!”

Dan ternyata Zakaria mulai terbangun dari tidurnya, ia baru sadar klo yang mencet hidungnya tuch adik sepupu anak dari pamannya yang baru sekolah SD kelas 4. ”Aduh dek Bella kok jahil banget sih.. lihat hidung kakak jadi merah gini...” tandas Zakaria sedikit jengkel. ”Yah kak Zakaria sih... dari tadi mamaku sudah panggil-panggil kak Ya, tapi masih tiduran aja... Tuh mamaku udah siapin sarapan buat kak Ya.” jawab Bella. ”Oh.. iya maapin kakak ya Dek.. udah marah-marah.. he3.. maklumlah masih bujang. Ya udah kakak mandi dulu...”

Setelah menyelesaikan sarapan pagi yang paling digemarinya di antara masakan-masakan tante Maria (Klo nama aslinya sih ”Mariyati” (^_^!) ), Zakaria pun menyiapkan motor kesayangannya untuk berangkat ke kampus.”Om.... Tante.... aku berangkat kuliah dulu ya..” kata Zakaria sambil mencium tangan keduanya. ”Hati-hati Ya... di jalanan sekarang banyak operasi penjaringan ’gepeng’ (gelandangan).” kata Om Jayus mengingatkan. ”Emang tampang saya mirip gepeng apa Om..!!” sahutnya. ”Ya gak juga seh... cuma kamu lebih jelekan dikit.” balas Om Jayus. ”Oke deh Om, guwa cabut dulu... Bye.. Bye...” balas Zakaria.

Sesampainya di kampus, Zakaria langsung memarkir motornya di tempat paling pojok dekat pos penjaga tempat parkir. Namun belum sempat ia menginjak jagang motornya, ternyata di depannya sudah ada ukhti Lia yang lebih dulu memarkir motornya. ”Ups.. ada ukhti Lia rupanya.. aku kasih salam gak ya.. tapi lebih baik gak usah ah, kelihatannya dia masih marah sama aku. Tapi bagaimana caranya supaya dia maw maapin aku ya. Yah mungkin satu-satunya cara aku harus minta maaf sama dia.” kata Zakaria dalam hati. Belum sempat Zakaria melangkahkan kakinya beranjak pergi dari motornya, tiba-tiba ukhti Lia dihampiri oleh seorang lelaki yang tanpa basa basi seketika itu langsung menggenggam erat kedua tangan Lia.

”Eh Anton, pasti kamu telat juga ya...” tegur ukhti Lia pada sahabatnya itu.
”Iya Li.. aku telat juga. Kita sama-sama telat deh...^_^ oh iya tugas yang kemaren kamu udah ngerjain belom Li..?” jawab Anton.
”Klo aku udah ngerjain... emang kenapa Ton?”
”Ya aku ingin pinjam tugasmu buat referensi, bolehkan Li..?”
”Nggak boleh Ton, sebelum kamu lepaskan tanganmu ini...”
”Oh iya maaf Li, aku gak sadar... gmn Li bolehkan?”
”Bilang aja kamu maw nyontek punyaku, tapi gak apa-apa seh kan kita beda kelas.. neh Ton.. tapi cepet balikin ya!”
”Okey... thanks ya..”

Wajah Zakaria langsung pucat pasih setelah melihat keakraban mereka berdua, seperti ada awan mendung di atas kepalanya dengan hujan rintik-rintik yang membahasinya. Namun Zakaria lekas berlalu pergi meninggalkan mereka berdua.

”Impossible.... sungguh ini tidak mungkin... aku tidak percaya, oh.. ukhti Lia kamu anggap aku ini apa, aku bukan batu di tengah gurun pasir... mengapa kamu biarkan laki-laki itu menyentuh tanganmu yang suci itu tepat di depan mataku. akhirnya kini aku tahu siapa dirimu, ternyata kamu juga sama seperti wanita lainnya... kamu manis.., bibirmu indah.. pantas saja dia dekati kamu. Uuurgh.. Gelapnya!! Kok otakku jadi hang gini... tapi sudahlah kamu memang benar-benar wanita.” dalam batin Zakaria.

0 komentar: